Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran Sejarah

    Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan salah satu dasar peningkatan pendidikan secara keseluruhan. Upaya peningkatan mutu pendidikan menjadi bagian terpadu dari upaya peningkatan semua aspek kualitas manusia. Mutu pendidikan sangat tergantung kepada kualitas guru dan pembelajarannya, sehingga peningkatan pembelajaran merupakan isu mendasar bagi peningkatan mutu pendidikan secara rasional.
Media telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan kita, meskipun dalam derajat yang berbeda-beda. Di negara maju, media telah mempengaruhi kehidupan hampir sepanjang waktu. Waktu terpanjang yang paling berpengaruh itu adalah waktu yang digunakan di dunia pendidikan khususnya untuk sekolah. (Miarso, 1989).  Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting dalam mendukung keberhasilan proses belajar mengajar.
Media Pembelajaran dirasa sangat perlu demi kebaikan dan kelancaran kegiatan pembelajaran untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional. Semua hal yang dapat memberikan hal positif dalam rangka penyaluran ilmu kepada siswa perlu dikerahkan.
Dengan menggunakan teknologi sebagai media dalam pendidikan, kegiatan pembelajaran di kelas tampak lebih menarik dan interaktif serta tanpa memberikan kesan membosankan. Contoh dalam hal ini adalah dengan menggunakan media Proyektor (menggunakan Slide Powerpoint) yang didalamnya terdapat macam-macam efek animatif yang bisa dipakai dalam pembelajaran agar isi materi lebih menarik dan memudahkan siswa.
Dalam aspek media pembelajaran sejarah, terdapat 12 jenis yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Contoh-contohnya adalah:
1.    Peninggalan sejarah
2.    Model/ tiruan
3.    Museum
4.    Ruang sejarah/ laboratorium
5.    Media grafis        : peta, bagan
6.    Cetak            : buku, modul, cerpen, roman
7.    Media proyeksi        : OHP, slide, film
8.    Media dengar/ audio    : radio, tape recorder
9.    Audio visual        : slide suara, film, TV
10.    Internet            : website, bog
11.    Multimedia
12.    Pelaku dan saksi sejarah

Diantara banyaknya jenis-jenis media pembelajaran untuk bidang studi sejarah tersebut, tentu saja ada berbagai kelebihan dan kelemahan yang menyertai. Sekarang tinggal bagaimana pengajar (guru) menyiasati dan memilih diantara 12 jenis tersebut yang sesuai dan memudahkan siswa mencerna materi yang diberikan pengajar. Berikut ini akan diberikan beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada setiap jenis-jenis media pembelajaran sejarah.

Kelebihan dan Kelemahan Media Pembelajaran Sejarah
1.    Peninggalan sejarah
Kelebihan:
a.    Dapat mengetahui benda aslinya
b.    Siswa lebih mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah
c.    Memudahkan siswa untuk mensimulasi sendiri suatu peristiwa sejarah melalui peninggalan sejarah
Kekurangan:
a.    Tidak bisa dibawa kedalam kelas untuk dipamerkan kepada siswa
b.    Membutuhkan biaya untuk bisa melihatnya
c.    Tidak mampu mewakili suatu peristiwa sejarah secara keseluruhan
d.    Keutuhan dan keasliannya tergantung perawatan

2.    Model/ tiruan
Kelebihan:
a.    Sudah bisa mewakili benda aslinya
b.    Siswa mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah melalui apa yang dilihatnya (model/ miniatur tersebut)
c.    Bisa dibawa dan dimasukkan kedalam kelas, bisa dibawa kemana-mana
Kekurangan:
a.    Tidak bisa disamakan persis dengan benda aslinya
b.    Detil objek tidak dapat diketahui
c.    Sulit membayangkan secara tepat ukuran sesungguhnya

    Cara Pembuatan Media Tiruan (Berupa patung)
1.    Memilih bahan (kayu, pasir, batu atau tanah)
2.    Mengumpulkan alat-alat pembuatan
3.    Memulai membuat dengan mengukir dan menghias patung
4.    Setelah selesai, patung dijemur atau dikeringkan
5.    Jika patung dari tanah, untuk memperkuat maka dibakar
6.    Memberi hiasan terakhir berupa cat ataupun hiasan lainnya.

    Pemanfaatan Media Tiruan
1.    Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2.    Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik
3.    Digunakan agar mempermudah melihat benda-benda atau peninggalan-peninggalan tanpa perlu jauh-jauh ke lokasi aslinya.
4.    Digunakan untuk mempermurah biaya

3.    Museum
Kelebihan:
a.    Harga tiket masuk yang murah
b.    Adanya berbagai macam variasi objek di museum yang lengkap
c.    Fasilitas yang disediakan lengkap
d.    Ruangan museum bersih dan sejuk
e.    Lingkungan sekitar museum bersih dan terawat

Kekurangan:
a.    Ruangan museum yang panas dan kurangnya penerangan
b.    Objek yang ada di museum tidak bervariasi dan tidak lengkap
c.    Fasilitas yang ada di museum tidak lengkap
d.    Lingkungan di sekitar museum kotor
e.    Taman yang tidak terawat

4.    Ruang Sejarah/ Laboratorium
Kelebihan:
a.    Peserta didik dapat berganti situasi baru
b.    Situasi pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
c.    Peserta didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia

Kekurangan:
a.    Peserta didik yang kurang suka dengan belajar model ini merasa kurang mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan
b.    Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan
c.    Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di laboratorium

5.    Media Grafis: Peta, Bagan
Kelebihan:
a.    Peserta didik dapat dengan mudah mengetahui lokasi-lokasi sejarah
b.    Bisa gunakan skala yang kita mau
c.    Mudah dibawa
d.    Mudah dibaca, memuat secara umum dan juga bisa dibuat peta yang spesifik komoditas.
e.    Siswa dapat dengan mudah mengetahui kronologis suatu peristiwa sejarah
f.    Ringkas

Kekurangan:
a.    Tidak semua orang pandai membuat peta
b.    Untuk peta besar penyimpanannya memakan ruangan Peserta didik
c.    Tidak semua siswa dapat mengerti dan membaca peta dan bagan
d.    Pesan dan materi dalam peta dan bagan terlalu singkat dan bahkan tidak ada keterangan detilnya.

    Cara Pembuatan Media Grafis (Peta, Bagan)
1.    Menyediakan kertas yang lebar
2.    Mengumpulkan alat-alat dan bahan
3.    Memulai menentukan skala (peta)
4.    Memulai menggambar garis/ sketsa (peta dan bagan)
5.    Menggambar garis khayal (peta)
6.    Menentukan angka-angka, titik-titik legenda atau keterangan (peta dan bagan)
7.    Memberi warna untuk memperindah

    Pemanfaatan Media Grafis
1.    Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2.    Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik
3.    Digunakan agar siswa mengetahui perkembangan-perkembangan dan lokasi-lokasi (peta dan bagan)

6.    Media Cetak: Buku, Modul, Cerpen, Roman
Kelebihan:
a.    Didalamnya terdapat keterangan yang lengkap dan detil
b.    Ringkas dan dapat dibawa kemana-mana
c.    Dapat dipakai dan disimpan lebih lama
d.    Bisa diandalkan dalam menjadi acuan sisw dalam membuat karya tulis

Kekurangan:
a.    Mudah diabaikan
b.    Tidak disukai bagi siswa yang tidak suka membaca
c.    Terdapat modifikasi dari penulis (pandangan)
d.    Terdapat kesalahan (ketikan, sumber, peristiwa dan lain-lain)

    Cara Pembuatan Media Cetak
1.    Mengumpulkan sumber-sumber
2.    Memulai menentukan judul
3.    Membuat kerangka
4.    Memulai menulis artikel
5.    Mencetak dokumen

    Pemanfaatan Media Cetak
1.    Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2.    Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik

7.    Media Proyeksi: OHP, Slide, Film
Kelebihan:
a.    Mudah dioperasikan.
b.    Tidak perlu mengubah cahaya lampu
c.    Hemat waktu
d.    Dapat digunakan kembali
e.    Kemampuan menggantikan papan tulis
f.    Bebas polusi
g.    Dapat menjangkau kelompok yang besar.
h.    Mempermudah siswa mencerna materi

Kekurangan:
a.    Tidak adanya audio
b.    Gambar dan grafik visual yang disajikan tidak bergerak sehingga daya tariknya tidak sekuat dengan televisi atau film
c.    Biaya pembuatan film mahal
d.    Film tidak dapat mencapai semua tujuan pembelajaran
e.    Memerlukan rungan gelap
f.    Proyeksi (slide, OHP) biasanya hanya rangkuman dari materi

    Cara Pembuatan Media Proyeksi
1.    Memilih media slide (powerpoint atau OHP)
2.    Mengisi materi pada slide
3.    Memperindah dan memberi hiasan pada slide

    Pemanfaatan Media Proyeksi
1.    Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2.    Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik

8.    Media Dengar/ Audio: Radio, Tape Recorder
Kelebihan:
a.    Sifatnya mudah dipindahkan (mobile). Radio dapat di pindahkan dari suatu ruang ke ruang lain dengan mudah.
b.    Isi/ materi dapat di rekam dan di putar lagi sesuka kita
c.    Rado dapat memusatkan perhatian siswa pada kata-kata yang di gunakan pada bunyinya dan artinya.
d.    Jangkauan fleksibel
e.    Relatif murah, produksi materi juga murah

Kekurangan:
a.    Sifat komunikasinya hanya satu arah (one way comunication)
b.    Terikat oleh waktu, dan bersifat sekali jalan, sehingga siswa sering meminta pengulangan pemutaran
c.    Tidak ada gambar
d.    Kurang menarik

    Cara Pembuatan Media Dengar
1.    Mempersiapkan rekaman
2.    Memutar dengan player

    Pemanfaatan Media Dengar
1.    Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2.    Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik

9.    Audio Visual: Slide Suara, Film, TV
Kelebihan:
a.    TV Merupakan medium yang menarik, modern dan selalu siap di terima oleh anak-anak karena mereka mengenalnya sebagai bagian dari kehidupan luar sekolah mereka.
b.    Sifatnya langsung dan nyata
c.    Horizon kelas dapat diperlebar dengan TV

Kekurangan:
a.    Sifat komunikasinya hanya satu arah
b.    Jika akan dimanfaatkan di kelas, jadwal siaran dan jadwal pelajaran di sekolah sering kali sulit untuk disesuikan
c.    Program diluar kontrol guru
d.    Harga pesawat TV relatif mahal

    Cara Pembuatan Audio Visual
1.    Mempersiapkan rekaman
2.    Memutar dengan player

    Pemanfaatan Media Audio Visual
1.    Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2.    Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik


10.    Internet: Website, blog
Kelebihan:
a.    Peserta didik mudah mengaksesnya
b.    Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
c.    Up to date, media online dapat melakukan update (pembaharuan) suatu informasi atau berita dari waktu ke waktu dan dimana saja, tidak melulu menggunakan bantuan komputer, tetapi fasilitas teknologi pada handphone (telepon genggam) atau lebih spesifik dengan kata smartphone (telpon genggam yang telah memiliki fungsi setara komputer, ex: Android, Symbian, WP, iOS, BlackBerry). Hal ini terjadi karena media online memiliki proses penyajian informasi/berita yang lebih mudah dan sederhana.
d.    Praktis, media online terbilang praktis karena kemudahan untuk mendapatkan berita dan informasinya, kapan saja bila diinginkan media online dapat dibuka dan dibaca sejauh didukung oleh fasilitas teknologi internet. Handphone yang memiliki fasilitas koneksi internet, komputer yang memiliki sambungan internet baik di perkantoran atau di rumah, dan dapat pula di warung internet (warnet) (Yunus, 2010:32-33).
e.    Akses informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer kita.
f.    Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. Kita btinggal mengunduh atau mencetak informasi yang kita butuhkan.

Kekurangan:
a.    Kebenaran artikel belum bisa dipertanggungjawabkan
b.    Menimbulkan ketergantungan siswa terhadap internet
c.    Belum bisa dijadikan acuan utama dalam karya tulis
d.    Internet bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat kita menggoda untuk mengkliknya yang justru membuat pencarian informasi kita terbengkalai dan lepas kendali.
e.    Salah satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file yang kita unduh.

    Cara Pembuatan Media Internet
1.    Mempersiapkan jaringan (modem, LAN, WLAN)
2.    Mempersiapkan komputer, tablet PC, atau smartphone
3.    Membuat blog atau sekedar menjelajah internet

    Pemanfaatan Media Internet
1.    Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2.    Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik

11.    Multimedia
Kelebihan:
a.    Menarik perhatian
b.    Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
c.    Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
d.    Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
e.    Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
f.    Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.
g.    Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
h.    Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
i.    Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas

Kekurangan:
a.    Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai
b.    Biaya relative mahal untuk tahap awal
c.    Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
d.    Belum memadainya perhatian dari pemerintah
e.    Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu

    Cara Pembuatan Media Multimedia
1.    Mempersiapkan sarana dan prasarana
2.    Menyediakan perlengkapan
3.    Siap diberikan kepada siswa guna maksimalisasi pendidikan

    Pemanfaatan Media Tiruan
1.    Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2.    Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik

12.    Pelaku & Saksi Sejarah
Kelebihan:
a.    Langsung kepada pelaku dan saksi sejarah, sehingga mudah menggambarkan situasi
b.    Dapat diperoleh keterangan yang sedalam-dalamnya
c.    Informasi yang diinginkan dapat diperoleh dengan cepat
d.    Informasi yang diperoleh lebih dipercayai kebenarannya
e.    Narasumber biasanya lebih bersedia mengungkapkan keterangan-keterangan yang sebenarnya tidak ingin (enggan) diberikannya

Kekurangan:
a.    Memerlukan waktu, tenaga, dan biaya yang lebih besar
b.    Sangat tergantung pada narasumber
c.    Tidak ada jaminan kebenaran
d.    Bisa saja keterangannya tidak lengkap
e.    Sering berbeda pendapat antar pelaku/ saksi sejarah

Comments

Popular posts from this blog

Migrasi dan Penyebaran Ras Negrito dan Weddid ke Indonesia

Keunikan Masyarakat Jawa Timur

Indo-China, Zaman Kuna hingga Merdeka