4 Hal Yang Menandakan Anda Harus Ganti Ponsel Android Anda


Seperti yang kamu tahu, Android merupakan OS yang paling banyak digunakan hampir di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan beberapa tanda yang menandakan bahwa kamu harus mengganti Android kamu!

Buat kamu yang sudah penasaran, berikut adalah detailnya:

Tak Lagi Mendapat Update Android Terbaru
Nah, tentu saja yang menjadi tanda pertama seseorang untuk mengganti ponsel Androidnya adalah dukungan update pada perangkat yang digunakan. Seperti kita tahu, bahwa update Android terbaru saat ini (disaat artikel ini ditulis) adalah Android 8.0 Oreo. Sama seperti ponsel lainnya, Android juga memiliki masa dukungan untuk update. Bicara soal keamanan dari virus, malware, dan semacamnya, tentu saja semakin tinggi versi Android yang anda punya maka semakin aman Android anda. Untuk Android 6.0 Marshmallow dan Android 7.1 Nougat bisa dibilang masih aman untuk digunakan hingga beberapa bulan depan, tentu saja semakin jadul versi Androidnya maka semakin banyak permasalahan yang muncul, mulai dari performa yang lelet hingga terjangkitnya virus/malware di Android anda. Bicara soal update, biasanya seri flagship akan mendapatkan dukungan update lebih lama dibandingkan dengan seri ponsel lainnya yakni mencapai 30-36 bulan, sedangkan untuk seri premium yang berada satu level di bawah seri flagship biasanya akan mendapatkan update sekitar 24 bulan dan untuk seri mid-end akan mendapatkan update sekitar 12-18 bulan.

Bagaimana dengan seri low-end?
Untuk seri low-end kamu tak perlu berharap banyak, dukungan yang diberikan hanyalah berupa keamanan saja selama kurang lebih 1 tahun ke depan, itu pun disesuaikan dengan kebijakan vendor smartphone. Tapi, masalah dukungan bisa diatasi dengan adanya banyak pengemabang custom ROM di Android misalnya saja LineageOS, NitrogenOS, OmniROM dan lain-lain.


Baterai Sudah Boros
Tanda kedua mengapa kamu harus mengganti ponsel Android kamu biasanya dikarenakan baterai yang sudah boros. Yup, ini merupakan alasan yang tepat untuk membeli ponsel Android baru, karena menurut DroidPoin pribadi harga baterai original terbilang cukup mahal bisa mencapai 10% dari harga ponsel yang kamu gunakan (tergantung ponsel juga sih). Daripada membeli baterai baru, lebih baik mengganti ponsel Android baru, apalagi dalam waktu satu tahun saja semua komponen yang ada pada Androidmu bisa terlihat usang dikarenakan kemajuan teknologi yang begitu pesat.

Permofrma Yang Melambat
Tanda ketiga mengapa kamu harus mengganti ponsel Android kamu biasanya dikarenakan performa ponsel Android kamu yang sudah mulai melambat, sering mengalami hang atau stuck serta sudah beberapa kali mengalami bootloop dikarenakan update software yang tidak optimal untuk perangkat kamu. Selain beberapa hal di atas, bisa juga dikarenakan file yang ada pada Android kamu sudah penuh yang mana mengakibatkan penyimapanan yang kompleks (tak teratur) dan bisa juga dikarenakan Android kamu memerlukan ruang extra serta spesifikasi yang jauh lebih baik. Jadi, jika performa Android kamu sudah mulai melambat, lebih baik kamu ganti saja ke ponsel Android yang lebih baru.

Mulai Timbul Dampak Kerusakan 
Yang terakhir tentu saja jika pada Android kamu mulai timbul dampak kerusakan, misalanya saja seperti munculnya dead pixel atau mungkin layar yang mulai menguning seperti bekas terbakar (burn-in display) dan lain-lain. Nah, jika pada ponsel Android kamu sudah mulai muncul beberapa tanda di atas, maka ada baiknya segera jual ponsel tersebut dan gunakan sebagai tambahan modal untuk membeli ponsel Android baru.

Comments

Popular posts from this blog

Migrasi dan Penyebaran Ras Negrito dan Weddid ke Indonesia

Keunikan Masyarakat Jawa Timur

Indo-China, Zaman Kuna hingga Merdeka