Antivirus Komputer Terbaik?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh...
Jama'ah...oh...Jama'ah.....
Alhamdu....lillah...
(Ustadz Maulana Mode: ON)...hehehe...

Oke, langsung saja.....
"Apa sih antivirus yang paling ampuh buat komputer?"

Mungkin pertanyaan itu sering kita dengar. Ditengah maraknya pengguna laptop dan PC yang menggunakan Sistem Operasi Jendela (baca: Windows by Microsoft) yang memang faktanya adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna laptop dibanding dengan sistem operasi lain seperti Linux Ubuntu, Mac OS, Chrome OS, ataupun Android.

Data dari Statcounter menyebutkan, bahwa 8 dari 10 pengguna PC (laptop) adalah pengguna Windows. Hal ini tidak mengherankan, sebab Windows adalah sistem operasi yang paling mudah untuk dimengerti dan dipelajari. Setiap beberapa tahun, Microsoft mengeluarkan versi terbaru Windowsnya, guna menyempurnakan Windows dan mengejar ketertinggalan dengan rivalnya di dunia per-OS-an.

Diketahui  versi pertama Windows adalah Windows 1.0, kemudian 2.0, 3.0, 3.1, 95, 98, ME, NT, 2000, XP, Vista, 7 dan yang terakhir adalah Windows 8. Namun diketahui, Windows sedang mengerjakan Windows 9 (Codename: Windows Blue) untuk menyempurnakan sang prodesesor yaitu Windows 8.
Kembali kepada banyaknya pengguna Windows di dunia, maka tak heran jika banyak "orang-orang usil" yang membuat dan menyebarkan malware dan virus yang merugikan pengguna. Dengan terinfeksinya komputer dari virus atau malware, maka kinerja komputer akan terganggu, ngelag, ditemukannya shortcut-shortcut, mencuri data-data, hingga yang paling parah membuat Windows tak berfungsi....!!!!

Nah, sekarang, bagaimana cara mengantisipasi terinfeksinya komputer kesayangan kita dari virus, jawabannya simpel sekali yaitu Instal Antivirus atau pakai aplikasi lain semacam Deep Freeze. Namun untuk yang disebutkan terakhir, sepertinya tidak usah diinstal di komputer yang sudah menggunakan Windows 7, sebab Windows 7 sistem sekuritinya sudah lebih baik dibanding Windows XP.

Kemudian pasti akan muncul pertanyaan lagi... "Antivirus yang paling bagus apa dong? Soalnya kan banyak macam antivirusnya? Seperti NOD32, McAfee, Norton, Kaspersky, AVG, Avast, SmadAV dll?". Jawabannya sebenarnya adalah TIDAK ADA Antivirus yang paling baik! Semanya baik (menghargai developer), namun yang paling penting dan baik tentu saja Antivirus yang TERBARU (update). Maka dari itu, rawatlah dan update-lah secara berkala antivirus yang anda punya.

"Apakah saya harus menginstall semua jenis Antivirus di komputer saya?" Jawabannya adalah JANGAN..!!, sebaiknya pasang 1 (satu) Antivirus saja, atau 2 namun campuran antara antivirus luar (Norton, Kaspersky, Avast dll) dan antivirus lokal (SmadAV, Artav, dll).

Itu saja sekedar tips dari saya, maaf kalo tulisannya amburadul dan susah dimengeri, maklum masih newbie...hehehe

Trims dah berkunjung....

Comments

Popular posts from this blog

Migrasi dan Penyebaran Ras Negrito dan Weddid ke Indonesia

Keunikan Masyarakat Jawa Timur

Indo-China, Zaman Kuna hingga Merdeka